Senin, 11 Agustus 2014

Pengertian Linux

Linux

    Linux ( i / l ɪ n ə k s / LIN -əks atau / l i n ʊ k s / LEE -nuuks ) adalah Unix-like dan sebagian besar POSIX -compliant komputer sistem operasi dirakit di bawah model perangkat lunak bebas dan sumber terbuka pengembangan dan distribusi. The mendefinisikan komponen Linux adalah kernel Linux , sebuah kernel sistem operasi pertama kali dirilis pada tanggal 5 Oktober 1991 oleh Linus Torvalds . The Free Software Foundation menggunakan nama GNU / Linux, yang telah menyebabkan beberapa kontroversi.
Linux pada awalnya dikembangkan sebagai sebuah sistem operasi bebas untuk Intel x86 komputer pribadi berbasis. Sejak itu telah porting ke lebih platform perangkat keras komputer daripada sistem operasi lain. Ini adalah sistem operasi terkemuka pada server dan lain besi besar sistem seperti komputer mainframe dan superkomputer . Sebagai dari Juni 2013 , lebih dari 95% dari dunia 500 superkomputer tercepat menjalankan beberapa varian dari Linux, termasuk semua 44 tercepat. Linux juga berjalan pada embedded system , yang merupakan perangkat yang sistem operasi biasanya dibangun ke dalam firmware dan sangat disesuaikan dengan sistem; ini termasuk ponsel, komputer tablet , jaringan router , kontrol otomatisasi fasilitas, televisi dan konsol permainan video . Android, yang merupakan sistem operasi yang banyak digunakan untuk perangkat mobile, yang dibangun di atas Linux kernel.

    Pengembangan Linux adalah salah satu contoh yang paling menonjol dari perangkat lunak bebas dan sumber terbuka kolaborasi. Yang mendasari kode sumber dapat digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan-komersial atau non-komersial oleh siapapun di bawah lisensi seperti GNU General Public License . Biasanya, Linux dikemas dalam format yang dikenal sebagai distribusi Linux untuk desktop maupun server. Beberapa distribusi Linux utama populer termasuk Debian , Ubuntu , Linux Mint , Fedora , openSUSE , Arch Linux , dan komersial Red Hat Enterprise Linux dan SUSE Linux Enterprise Server . Distribusi Linux termasuk kernel Linux, mendukung utilitas dan perpustakaan dan biasanya sejumlah besar perangkat lunak aplikasi untuk memenuhi penggunaan distribusi yang dimaksudkan.

    Sebuah distribusi berorientasi penggunaan desktop biasanya akan mencakup X11 , Wayland atau Mir sebagai sistem windowing , dan menyertainya lingkungan desktop seperti GNOME atau KDE Software Compilation . Beberapa distribusi tersebut dapat mencakup sumber daya desktop yang kurang intensif seperti LXDE atau Xfce , untuk digunakan pada komputer lama atau kurang kuat. Sebuah distribusi dimaksudkan untuk dijalankan sebagai server dapat menghilangkan semua lingkungan grafis dari instalasi standar, dan bukan termasuk perangkat lunak lain untuk mendirikan dan mengoperasikan solusi tumpukan seperti LAMP . Karena Linux adalah disebarkan secara bebas, siapapun dapat membuat distribusi untuk penggunaan yang dimaksudkan.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Linux
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management