Sabtu, 16 Agustus 2014

Sekilas Proxy Server

 Diagram dari dua komputer yang terhubung hanya melalui server proxy. Komputer pertama mengatakan ke server proxy: "meminta komputer kedua apa waktu itu".
Komunikasi antara dua komputer (ditampilkan dalam warna abu-abu) yang terhubung melalui komputer ketiga (ditampilkan dalam warna merah) bertindak sebagai proxy. Bob tidak tahu siapa informasi akan, yang mengapa proxy dapat digunakan untuk melindungi privasi.  


Apakah Proxy Server itu??
Dalam jaringan komputer, server proxy adalah server yang (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Seorang klien terhubung ke server proxy, meminta beberapa layanan, seperti file, koneksi, halaman web, atau sumber daya lain yang tersedia dari server yang berbeda dan server proxy mengevaluasi permintaan sebagai cara untuk menyederhanakan dan mengontrol kompleksitasnya. Proxy diciptakan untuk menambah struktur dan enkapsulasi untuk sistem terdistribusi. Saat ini, kebanyakan proxy adalah proxy web, memfasilitasi akses ke konten di World Wide Web (WWW) dan menyediakan anonimitas.
Jenis proxy
Sebuah server proxy dapat berada pada komputer lokal pengguna, atau pada berbagai titik antara komputer dan server tujuan pengguna di Internet: 
  • Server proxy (proxy server) yang melewati permintaan dan tanggapan dimodifikasi biasanya disebut gerbang atau kadang-kadang tunneling proxy.
  • Proxy maju (forward proxy) adalah proxy menghadap Internet digunakan untuk mengambil dari berbagai sumber (dalam banyak kasus di mana saja di Internet).
  • Reverse proxy biasanya proxy Internet-menghadap digunakan sebagai front-end untuk mengontrol dan melindungi akses ke server di jaringan pribadi. Sebuah reverse proxy umumnya juga melakukan tugas-tugas seperti load-balancing, otentikasi, dekripsi atau caching.
Sumber : Proxy Server Wikipedia> terjemah

  Ada 2 macam proxy yang sering digunakan, yaitu : 
1. Proxy Tranparent :

Lebih mengutamakan fungsi sebagai kurir atau perantara pengambilan data. Biasanya proxy Tranparents ini bisa kita gunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Akan tetapi kalau kita menggunakan proxy Transparen ini IP kita tetap bisa terdeteksi atau terbaca pada server IP yang kita akses datanya dengan metode pelacakan IP yang lebih rumit.

2. Proxy Animouse :
Dengan Proxy Animouse selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent.

Sumber : http://daniatiukieka26.blogspot.com/2014/08/sekilas-proxy.html
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management