Sabtu, 23 Agustus 2014

Sekilas NTP ( Network Time Protocol )

Apakah itu NTP?
Network Time Protocol (NTP) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui paket-switched , variabel- latency jaringan data. Dalam operasi sejak sebelum 1985, NTP merupakan salah satu yang tertua protokol Internet yang digunakan. NTP pada awalnya dirancang oleh David L. Mills dari University of Delaware , yang masih mengembangkan dan memelihara dengan tim relawan.

NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi dalam beberapa milidetik dari Coordinated Universal Time (UTC). Menggunakan versi modifikasi dari algoritma Marzullo ini untuk memilih server waktu yang akurat dan dirancang untuk mengurangi dampak variabel latency jaringan . NTP biasanya dapat menjaga waktu untuk dalam puluhan milidetik atas publik Internet , dan dapat mencapai yang lebih baik dari satu milidetik akurasi dalam jaringan area lokal di bawah kondisi ideal. Asymmetric rute dan kepadatan jaringan dapat menyebabkan kesalahan dari 100 ms atau lebih.

Protokol biasanya digambarkan dalam hal model client-server , tetapi dapat dengan mudah digunakan dalam peer-to-peer hubungan di mana kedua rekan-rekan menganggap yang lain untuk menjadi sumber waktu potensial. Implementasi mengirim dan menerima cap menggunakan User Datagram Protocol (UDP) pada nomor port 123. Mereka juga dapat menggunakan penyiaran atau multicasting , di mana klien pasif mendengarkan update waktu setelah pulang-pergi awal kalibrasi pertukaran. NTP persediaan peringatan apapun yang akan datang lompatan kedua penyesuaian, tetapi tidak ada informasi tentang lokal zona waktu atau daylight saving time ditransmisikan.

Pada Juni 2010 , protokol saat ini adalah versi 4 (NTPv4), yang merupakan standar yang diusulkan seperti yang didokumentasikan dalam RFC 5905 . Hal ini kompatibel dengan versi 3, ditentukan dalam RFC 1305.

Sumber : WIKIPEDIA
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management